Hari ketiga praktikum Biologi Pertanian bagi mahasiswa semester 1 Fakultas Pertanian Universitas Gunung Rinjani kembali di laksanakan pada Rabu 15 November 2023, kegiatan ini fokus pada pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi, sebuah keterampilan yang sangat relevan dalam konteks pertanian berkelanjutan.

Dosen pengampuh mata kuliah Biologi Pertanian, Ibu Elwani Hidayati, M.Si., turut memimpin kegiatan ini, memberikan bimbingan dan penjelasan yang diperlukan kepada mahasiswa. Kehadiran kakak tingkat menjadi nilai tambah dalam peraktikum ini karena mereka tidak hanya memandu, tetapi juga memberikan wawasan praktis dari pengalaman mereka.


Sebelum memulai praktikum, mahasiswa semester 1 diberikan gambaran jalannya kegiatan, memberikan pandangan yang jelas tentang langkah-langkah yang akan dilakukan selama praktikum. Pada peraktikum ini mahasiswa di ajak belajar secara langsung tentang proses pembuatan pupuk kompos, yang melibatkan kotoran sapi sebagai bahan baku utama dan Em 4 sebagai dekomposer.

Di akhir praktikum, sesi tanya jawab menjadi penutup dalam peraktikum ini yang bertujuan untuk memastikan pemahaman mahasiswa. Diskusi ini menciptakan suasana interaktif, di mana mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan klarifikasi langsung dari dosen dan kakak tingkat. Semoga peraktikum ini memberikan landasan yang kokoh dalam pemahaman mereka terkait biologi pertanian dan aplikasinya dalam pertanian modern.

Berita Terkini
Pengumuman
Agenda
Layanan
Cari
error: Content is protected !!